Selasa, 16 November 2010

Mengenal Input dan Output

Mungkin, kalian sudah pernah mendengar kata Input dan Output tetapi tidak mengerti artinya, nah aku jelaskan... Input dan Output adalah salah satu bagian dari komputer yang sudah kujelaskan pada artikel 'Mengenal Komputer' , yaitu Hardware.


Input itu adalah..... Ehm... Sulit dijelaskan...... contohnya seperti mouse, keyboard, scanner, joystick, dll. yang sifatnya hanya mengirim data ke komputer. Perangkat input disebut input device. Contohnya, setiap hari, kita tak bisa menggunakan komputer dengan baik tanpa mouse, karena mouse adalah pointing device yang penting. Kalau keyboard tak ada, kita tinggal menggunakan on-screen keyboard yang sudah ada rekomendasi dari Windows. Cara membukanya di Start Menu -> Acessories kalau tak ada, klik disini. (Link disamping akan meng-akses komputer anda untuk membantu membukanya. Jangan khawatir! Bukan virus kok!). Lalu kalian pasti menggunakan scanner untuk men-scan benda yakni dokumen atau photo. Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasilnya biasa berbentuk gambar berformat [.jpg] . Klik disini untuk lebih lanjut tentang scanner. Lalu kita kadang bermain game komputer dengan sebuah alat khusus berbentuk tongkat. Alat itu bernama Joystick. Alat ini membuat kita seperti sungguhan padahal hanya game.
Keyboard


On-Screen Keyboard
Mouse
Scanner
Joystick
Sedangkan Output itu adalah.... Ehm.... Juga sulit dijelaskan..... contohnya monitor, printer, speaker, proyektor dll. yang sifatnya hanya menerima data dari komputer. Perangkat output disebut Output device. Contohnya, kita tak bisa menggunakan komputer kalau tak ada monitor, karena monitor adalah perangkat yang penting untuk kita. Kalau tak ada monitor, bagaimana keadaan komputer kalau tak bisa melihatnya. Monitor bisa berupa Monitor CRT, Monitor pada laptop, dan Proyektor. Klik disini untuk perincian lebih lengkap tentang Monitor CRT. Lalu jaman sekarang, khususnya pada perusahaan yang teknologinya sudah maju, menggunakan laptop LCD. Kenapa? Karena monitor yang tipis ini dapat menghemat tempat, juga menghemat listrik. Klik disini untuk melihat perbandingan monitor CRT dan LCD. Laptop atau Notebook atau Macbook pastinya memiliki monitor yang sudah digabungkan dengan komputer, karena aneh, kalau komputer bisa dibawa-bawa kemana-mana, tetapi harus bawa monitor sendiri. Lalu kita membutuhkan printer untuk mencetak dokumen atau photo. Kini printer sudah ada teknologi laser. Itu membuat kita tak perlu lagi membeli tinta. Klik disini untuk lebih lanjut tentang printer. Sedangkan speaker, biasanya sudah terpasang pada laptop. Kenapa kita membutuhkan speaker? Untuk mendengar suara atau lagu. Lalu proyektor, digunakan untuk urusan bisnis, pendidikan, dll. Kita membutuhkan proyektor kalau pingin presentasi kita dilihat semua orang yang terlibat dalam presentasi itu. Semua orang yang terlibat dalam presentasi tak bisa melihat kalau monitor pada komputer terlalu kecil, karena itu alasan kita menggunakan proyektor.
Monitor CRT
Monitor LCD
Monitor pada laptop

Proyektor
Printer
Speaker
Sebagian informasi berasal dari Wikipedia

Download artikel ini apabila ingin melihatnya dalam status offline. Klik disini

7 komentar:

  1. wahh sangat bermanfaat sekali.. terimakasih..
    kunjungi blogspot kami yaa.. semoga bermanfaat juga..
    Proses pembuatan seragam batik solo printing

    BalasHapus
  2. Hallo Guys Aku Mau Kasih Tau Nih BavetlineOke Lagi Promo Nih Dengan Depo 70K Dapa 100K Lohh !!
    Prediksi pertandingan malam ini
    1. Celta Vigo vs Racing Genk (Odds 0 : 3/4 )
    2. Lyon vs Besiktas (Odds 0 : 1 )
    Daftarkan Dengan Kode Referall Aku Yah “ BAVETJ 02 “ Dengan Deposit 70K Dapat 100K Hanya Di
    ( BAVETLINEOKE.COM ) / http://bavetline88.com/

    BalasHapus
  3. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  4. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus

Komentar yang bagus yah. Ane juga terima kritik dan saran yang baik. Dan mohon jangan nge-junk disini!