Jumat, 17 Desember 2010

Keyboard

Setelah mouse, kita membahas tentang Keyboard. Keyboard ini dalam bahasa Indonesia-nya adalah papan ketik. Kenapa dinamakan begitu? Karena kegunaan alat ini adalah untuk mengetik atau memasukkan huruf atau angka atau simbol lainnya ke dalam sistem operasi yang dijalankan komputer. Tata letak keyboard ini ada 4 macam, yaitu Qwerty, Dvorak, Alphabetik,  Klockenberg, Maltron, Chord, dan Numeric.


A. Qwerty
Tata letak keyboard ini terkenal di dunia. Berikut ciri-ciri keyboard Qwerty :
Gambar berikut merupakan alasan kenapa dinamakan Qwerty. Tata letak keyboard ini sering digunakan untuk Desktop, laptop, sekaligus HandPhone. Misalnya BB atau BlackBerry :
Tata letak Qwerty ini ditemukan oleh Scholes, Glidden, dan soule pada tahun 1878.


B. Dvorak
Tata letak Dvorak dirancang 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga jari-jemari yang harus mencapai huruf-huruf yang tidak berada pada posisi home row, mempunya kerja yang lebih ringan, sehingga mengurangi adanya kelelahan karena pengetikan. Tata letak ini disebut Dvorak karena penemunya adalah August Dvorak pada tahun 1936.


C. Alphabetik
Dinamakan Alphabetik karena susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet. Tata letak ini banyak ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajar mengenal huruf alphabet.


D. Klockenberg
Tata letak ini dapat mengurangi beban otot yang berlebihan. Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang.
TAK TERSEDIA GAMBAR!


E. Maltron
Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari. 

F. Chord
Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi Kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan.

G. Numeric
Sesuai dengan namanya, ini digunakan untuk memasukkan angka ke sistem operasi. Sudah tau-kan bentuknya? Tata letak ini banyak diletakkan di mesin ATM. Tapi biasanya ini diletakkan pada bagian samping kanan keyboard Qwerty.

Hmm... Gimana? Jenis keyboard apa yang Anda suka?


Sumber :
- Wikipedia

6 komentar:

  1. Artikel ini sangat lengkap sekali. mulai dari sejarah komputer, input dan output hingga sejarah tentang mouse dan keyboard. sangat informatif

    BalasHapus
  2. Hallo Guys Aku Mau Kasih Tau Nih BavetlineOke Lagi Promo Nih Dengan Depo 70K Dapa 100K Lohh !!
    Prediksi pertandingan malam ini
    1. Celta Vigo vs Racing Genk (Odds 0 : 3/4 )
    2. Lyon vs Besiktas (Odds 0 : 1 )
    Daftarkan Dengan Kode Referall Aku Yah “ BAVETJ 02 “ Dengan Deposit 70K Dapat 100K Hanya Di
    ( BAVETLINEOKE.COM ) / http://bavetline88.com/

    BalasHapus
  3. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  4. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus

Komentar yang bagus yah. Ane juga terima kritik dan saran yang baik. Dan mohon jangan nge-junk disini!