Kamis, 19 Juli 2012

Apa itu Printer / Pencetak?

Kali ini ane akan bahas tentang printer, gan :D

Apa itu printer? Printer atau dalam bahasa Indonesianya Pencetak adalah alat yang dapat menampilkan teks/gambar dalam cetakan kertas. Pencetak terbagi menjadi 2 bagian, yaitu picker (atau Indonesianya Penggetil) dan alat cetak. Picker berfungsi untuk mengambil kertas dari baki, yaitu tempat menaruh kertas. Jenis pencetakan printer terbagi menjadi beberapa macam, yaitu :



Pencetak Laser
Laser? Pasti keren tuh! Yap, cara kerjanya keren, tapi dengar dulu dong penjelasannya... Pencetak laser adalah komputer perifer umum yang cepat menghasilkan teks berkualitas tinggi dan grafis pada kertas biasa. Seperti digital mesin fotokopi dan printer multifungsi, laser printer proses pencetakan xerographic, tetapi berbeda dari mesin fotokopi analog dalam gambar dihasilkan oleh pemindaian langsung dari laser yang balok di fotoreseptor printer.
Gary Starkweather, penemu pencetak laser
Sebuah sinar laser memproyeksikan gambar halaman yang akan dicetak ke sebuah drum berputar bermuatan listrik yang dilapisi dengan selenium. Fotokonduktivitas memungkinkan muatan bocor jauh dari daerah terkena cahaya. Partikel tinta kering tersebut kemudian secara elektrostatik dijemput oleh daerah drum yang diisi, yang belum terkena cahaya. Drum kemudian mencetak gambar ke kertas melalui kontak langsung dan panas, yang meleburkan tinta ke kertas.
Printer laser ditemukan di Xerox pada tahun 1969 oleh peneliti Gary Starkweather. Starkweather menonaktifkan sistem pencitraan dan menciptakan drum berputar dengan 8 cermin sisi, dengan laser difokuskan pada drum. Cahaya dari laser akan memantul dari drum berputar, menyapu halaman seperti melakukan perjalanan melalui penyalin. Perangkat keras ini selesai hanya dalam satu atau dua minggu, tetapi antarmuka komputer dan perangkat lunak waktu hampir 3 bulan untuk diselesaikan.

Cara kerja pencetak Laser :



Kelebihan Pencetak Laser :
  • Kualitas cetak tinggi
  • Kecepatan cetak tinggi
  • Dapat mencetak di berbagai ukuran kertas
  • Harga cetak lebih murah
Kekurangan Pencetak Laser :
  • Kualitas cetak foto buruk
  • Harga Laser berwarna lebih mahal daripada InkJet berwarna


Pencetak InkJet
Huh? Apa'an tuh? Seperti pesawat jet? Yap, benar, cuma ini bukan pesawat. Printer InkJet beroperasi dengan mendorong variabel berukuran tetesan tinta cair ke hampir semua ukuran halaman. Konsep pencetakan inkjet berasal dari abad ke-20, dan teknologi ini pertama kali secara luas dikembangkan pada awal 1950-an. Dimulai pada tahun 1970-an printer inkjet bisa mereproduksi gambar digital yang dihasilkan oleh komputer yang dikembangkan, terutama oleh Epson, Hewlett-Packard (HP), dan Canon.
Ada 2 jenis teknologi yang digunakan pada printer Inkjet :
  • Continuous Inkjet (CIJ)
    Metode ini digunakan secara komersial untuk penandaan dan pengkodean produk dan paket. Ide ini pertama kali dipatenkan pada tahun 1867 oleh Lord Kelvin, dan perangkat komersial pertama (medis pita perekam grafik) diperkenalkan pada tahun 1951 oleh Siemens.
    Dalam teknologi inkjet terus menerus, pompa bertekanan tinggi mengarahkan tinta cair dari reservoir melalui gunbody dan nozzle mikroskopis, membuat aliran berkelanjutan dari tetesan tinta melalui ketidakstabilan Plateau-Rayleigh . Sebuah kristal piezoelektrik menciptakan gelombang akustik seperti bergetar dalam gunbody dan menyebabkan aliran cairan masuk ke tetesan secara berkala - 64.000 untuk 165.000 tetesan per detik dapat dicapai. Tetesan tinta dikenakan medan elektrostatik diciptakan oleh elektroda pengisian mereka membentuk; lapangan bervariasi sesuai dengan tingkat penurunan defleksi yang diinginkan. Hal ini menghasilkan muatan, dikontrol variabel elektrostatik pada setiap tetesan. Tetesan Dibebankan dipisahkan oleh satu atau lebih bermuatan "tetesan penjaga" untuk meminimalkan tolakan elektrostatik antara tetesan tetangga.

    Cara kerja Continuous InkJet :

  • Thermal (thermal DOD inkjet)
    Sebuah printer InkJet merek Canon dengan katrid CMYK
    Printer inkjet dengan konsumen paling banyak, dari perusahaan termasuk Canon, Hewlett-Packard, dan Lexmark (tetapi Epson tidak), menggunakan kartrid cetak dengan serangkaian kamar kecil masing-masing berisi pemanas, yang semuanya dibangun oleh fotolitografi.
    Tinta yang digunakan biasanya berbasis air dan menggunakan salah satu pigmen atau bahan celup sebagai pewarna. Tinta yang digunakan harus memiliki komponen yang mudah menguap untuk membentuk gelembung uap, sebaliknya tetesan ejeksi tidak dapat terjadi. Karena tidak ada bahan khusus yang diperlukan, print head umumnya lebih murah untuk menghasilkan daripada dalam teknologi inkjet lain. Prinsip inkjet termal ditemukan oleh insinyur Ichiro Canon Endo pada bulan Agustus 1977.

    Cara kerja Thermal Inkjet :


Kelebihan Pencetak InkJet :
  • Mencetak lebih halus
  • Tidak perlu menunggu sampai tinta panas
Kekurangan Pencetak InkJet :
  • Harga tinta lebih mahal
  • Banyak kartrid tinta "cerdas" mengandung microchip yang berkomunikasi tentang tingkat tinta ke printer, ini dapat menyebabkan pencetak menampilkan pesan kesalahan, atau salah menginformasikan pengguna bahwa kartrid tinta kosong.
  • Tinta larut dalam air, kertas yang dicetak tidak boleh terkena air sekecilpun, karena dapat menyebabkan tinta kabur.
  • Nozel inkjet sangat sempit sehingga rentan terhadap penyumbatan.


Pencetak Tinta Padat
Tinta Padat adalah teknologi yang digunakan dalam pencetak komputer dan perangkat multifungsi awalnya dibuat oleh Tektronix pada tahun 1986. Setelah Xerox memperoleh Divisi Percetakan Warna dan Pencitraan Tektronix di 2000, teknologi tinta padat menjadi bagian dari garis Xerox percetakan kantor dan produk pencitraan. Penawaran awal difokuskan pada seni grafis industri. Produk Phaser III diperkenalkan pada tahun 1991 biaya $10.000 AS. Sebagai teknologi ditingkatkan dan biaya berkurang, fokus beralih ke lingkungan percetakan dimana kualitas dan efisiensi biaya adalah penting.
Sebuah pencetak Tinta Padat Xerox Phaser 8500.
Teknologi tinta padat menggunakan tongkat tinta padat sebagai pengganti cairan tinta atau toner bubuk biasanya digunakan dalam printer. Setelah tongkat tinta dimuat ke dalam perangkat cetak, hancur luluh dan digunakan untuk menghasilkan gambar di atas kertas dalam proses yang sama dengan cetak offset. Xerox mengklaim bahwa tinta cetak yang solid menghasilkan warna yang lebih hidup daripada metode lain, lebih mudah digunakan, dapat mencetak pada berbagai media, dan lebih ramah lingkungan karena output limbah berkurang. Tongkat tidak beracun dan aman untuk menangani. Pada pertengahan tahun 1990, presiden Tektronix sebenarnya makan bagian dari sebatang tinta padat, menunjukkan bahwa mereka aman untuk menangani dan mungkin, makanlah. Media tinta itu (setidaknya pada saat itu) yang terbuat dari nilai makanan olahan minyak nabati.

Cara kerja Pencetak Tinta Padat :



Kelebihan Pencetak Tinta Padat :
  • Kualitas cetak dianggap sangat baik dengan warna hidup
  • Limbah yang dihasilkan pencetak Tinta Padat lebih sedikit daripada InkJet dan Laser
  • Bisa mencetak di segala jenis kertas
Kekurangan Pencetak Tinta Padat :
  • Tinta dikertas mudah terkikis, sehingga kalo dihapus pakai penghapus, akan terkikis tintanya.
  • Jika pencetak dingin, membutuhkan beberapa menit untuk memanaskan tintanya.
  • Pencetak berbau campuran lilin panas, pohon pinus, dan cedar.


Sebuah printer Samsung SPP-2040
Pencetak Sublimasi Pewarna
Pencetak Sublimasi Pewarna adalah pencetak yang mempekerjakan proses pencetakan yang menggunakan panas untuk mentransfer dye pada bahan media seperti kartu plastik, kertas, atau kain. Nama sublimasi diterapkan karena transisi pewarna antara bagian padat dan gas tanpa melalui tahapan cairan.
Kebanyakan pencetak Sublimasi Pewarna menggunakan warna CMYO (Cyan Magenta Yellow Overcoating), yang berbeda dari warna CMYK lebih dikenal yaitu bahwa pewarna hitam dihilangkan supaya overcoating jelas.

Kelebihan Pencetak Sublimssi Perwarna :
  • Bisa digunakan untuk mencetak foto
  • Tinta di cetakan cepat kering
Kekurangan Pencetak Sublimasi Pewarna :
  • Karena tinta disublimasikan adalah gas, itu tidak menyebar sejumlah kecil sebelum diserap oleh kertas. Akibatnya, cetakan tidak tajam. Untuk foto, ini menghasilkan cetakan yang sangat alami, tetapi untuk keperluan lainnya (seperti desain grafis) keburaman sedikit ini adalah kekurangan.
  • Pewarna yang terbuang sangat tinggi.


Hmm... Jadi, Anda pakai printer jenis apa? Menurut kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis printer, apakah Anda mau ganti printer yang Anda gunakan?


Sumber :
Wikipedia ID : Pencetak
Wikipedia EN : Printer
Wikipedia EN : Laser Printer
Wikipedia EN : Solid Ink
Wikipedia EN : Inkjet Printer
Wikipedia EN : Dye-sublimation Printer
Plus Minus Printer Inkjet dan Printer Laser
YouTube

7 komentar:

  1. wahh sangat bermanfaat sekali.. terimakasih..
    kunjungi blogspot kami yaa.. semoga bermanfaat juga..
    Proses pembuatan
    seragam batik solo printing

    Proses pembuatan seragam batik tulis solo

    BalasHapus
  2. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  3. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus

Komentar yang bagus yah. Ane juga terima kritik dan saran yang baik. Dan mohon jangan nge-junk disini!